Selamat Datang....dan...Mudah-mudahan bermanfaat isi dari blog ini untuk sarana belajar dan berbagi

Rabu, 20 Juni 2012

PTT Extra Mic Mode CTS Untuk PC Link Gateway / PC Client Non "RELAY"

PTT Extra Mic Mode CTS Untuk PC Link Gateway / PC Client Non "RELAY"

Salam 51.55...Saya akan mencoba berbagi dengan rekan - rekan semua, seperti yang pernah saya bagikan melalui Facebook saya beberapa waktu yang lalu, yaitu Skema "PTT PC dengan Extra Mic "Ngebrik sambil Browsing". Namun sedikit berbeda dengan apa yang telah saya bagikan di Facebook. Jika skema yang saya tampilkan di Facebook saya itu menggunakan "Relay", maka pada skema kali ini saya akan bagikan yang tanpa "Relay", berikut keterangan selengkapnya menurut yang saya ketahui. Yang pasti... Skema ini adalah Interface Gateway yang saya terapkan sejak Hari Sabtu Tgl. 08 Januari 2011 Pukul. 19.15 WIB, pada "Link Gateway JZ06.01ZWA". Dan Alhamdulillah... hingga saya menulis artikel ini, tidak ada masalah sama sekali. Saya sangat mengharapkan rekan dan terutama pada Senior saya dibidang ini, karena Skema dibawah ini adalah hasil karya mereka yang saya coba otak - atik dan gabungkan sehingga menghasilkan seperti apa yang saya tampilkan kali ini, yaitu Bang Jefri Jambi - JZ05AJD, Bang Zoel - JZ06AOG, Bang Power - JZ04BDP, Bang Cahyo - JZ08IMX, Bang Aji Ato - JZ24ATO untuk dapat memberikan Kritik dan Saran serta Koreksinya pada skema ini.

Biasanya... pada saat kita selaku SysOp Link GW memancar/Tx Menggunakan PC yang dipakai untuk akses Link GW, saat kita sedang berbicara... sementara rekan di Lokal kita tidak dapat mendengar suara kita pada Frequensi Radio Link GW tersebut, dia akan menganggap bahwa ada spasi untuk "Masuk" pada fasilitas. Sehingga saat dia menekan PTT radionya dan berbicara, maka suara rekan tersebut akan ikut terdengar disamping suara kita yang sedang berbicara juga melalui PC.

Nah... dengan saya menerapkan skema ini pada Link GW JZ06.01ZWA, maka... pada saat saya berbicara melalui PC yang digunakan sebagai Akses Link GW RAPI JZ06.01ZWA, maka Radio yang saya digunakan untuk Link GW juga akan memancar / TX. Jadi rekan yang ada di Lokal saya juga akan mendengar bahwa saya sedang berbicara menggunakan Fasilitas Link GW JZ06.01ZWA. Bahkan disamping itu, saya juga masih bisa menggunakan PC tersebut untuk kegiatan yang lain seperti Browsing, Chating, atau mengerjakan pekerjaan lain pada PC, tanpa mengganggu Link GW itu sendiri...
Pada Skema 1, PTT pada Extramic menggunakan sistem ExtraMic Handy Tranceifer / HT yaitu PTTnya diletakkan pada pemutusan kabel Mic (+). Dan saat PTT ditekan, maka Mic terhubung dan melalui R. 2K2 dan D. In4148 ( Input J - ExtraMic ) pada Base Q1 memicu Tr A1015 (Q1) menghasilkan arus Positif (+) pada pin Kolektor setelah melalui D4002 senilai 5 Volt. Arus yang dihasilkan Q1 tersebutlah yang kita jadikan suplai ke Pin 7 Com Port untuk sistem CTS pada Interface PTT Keyer Mode CTS. Sinyal suara kita dibawa melalui C. 4.7 uF/16V menuju input Mic pada accessories yang kita gunakan. Fungsi Q2 dan Q3 sama yaitu sebagai PTT on untuk Radio / Rig yang kita gunakan. Q2 akan bekerja pada saat kita menekan PTT pada Extra Mic yang sudah kita buat dan kubungkan ke J - ExtraMic. Sedangkan Q3 akan bekerja pada saat PC dalam posisi menerima / RX atau saat rekan lain pada Room sedang berbicara / Tx. Dan pada Skema 1 ini dilengkapi dengan Accesories Audio Mic menggunakan Effect Echo Digital SX - 820 yang digandeng dengan Mono Tone Control AG. 006. Kita bisa menyesuaikan hasil Vokal kita sesuai dengan Effect yang kita inginkan.

Pada
Skema 2, semua fungsi dan cara kerjanya sama... kecuali PTT dan Input Mic. Pin yang tadinya sebagai Input Mic dirubah fungsinya menjadi "PTT", sementara Mic Input langsung ke Input Accesories yang kita gunakan (Super Echo Digital SX-820).

Pada Skema 3, juga semua fungsi dan cara kerjanya sama... kecuali Mic Inputnya langsung ke Sound Card PC/Com (Input Mic) dan untuk menghasilkan suara yang maksimal, kita harus mengaktifkan "Mic Boost" pada seting Sound Audio Devices pada PC kita.
Suplai yang kita butuhkan untuk Rangkaian ini hanya 8 Volt yang bisa kita Import dari Radio yang digunakan sebagai Link RF GW melalui salah satu pin yang terdapat pada Conector Mic. Dan untuk me - "Monitor" suara dari Radio/Rig yang digunakan sebagai Link RF GW, atau suara kita sendiri disaat kita sedang berbicara, kita dapat menambahkan Speaker Monitor untuk PC yang diambil dengan posisi Paralel dari Audio Out pada Sound Card Comp (warna hijau). Itu jika PC kita hanya menyediakan Sound Car hanya satu sisi di belakang

Berukut ini adalah Skemanya...




Dan sebagai catatan, jika kita menggunakan skema 2 atau skema 3, jangan lupa... jika kita tidak sedang menggunakan PC untuk ber 10-25, sebaiknya Extra Mic dilepas dari colokannya. sebab Microphone tetap aktif dan akan menerima suara - suara disekitar, namun tidak akan membuat TX secara otomatis.

Jangan lupa juga, bahwa jika kita menggunakan rangkaian diatas, kita harus merubah settingan "Sound and Audio Devices" pada PC kita. Karena kita harus mengaktifkan Chanel "Stereo Mix" nya. Jika tidak diaktifkan, maka suara rekan yang masuk melalui Radio Link, tidak akan terdengar, karena "Line In" belum berfungsi. Berikut adalah petunjuk cara mengaktifkannya.











Saudara Aji Ato - JZ24ATO yang telah menerapkan skema yang terdahulu (seperti yang telah saya bagikan lewat FB saya) dan menurut dia, berhasil. Namun silahkan dicoba Rangkaian seperti yang diatas, dan kita coba bangdingkan dimana sisi baik dan buruknya.

Alhamdulillah hingga hari ini, sejak diterapkan rangkaian tsb, PC yang saya gunakan untuk Link RF GW JZ06.01ZWA tidak bermasalah, dan semoga demikian juga untuk rekan - rekan yang lain.

Segini aja dulu yang bisa saya bagi, dan saya harapkan Kritik, Saran dan masukan buat saya, bisa melalui komentar dibawah, juga bisa melalui Facebook saya. Selamat berkarya...

Terima kasih... Salam...


sumber:http://jz06alq.blogspot.com

Jajank - JZ06ALQ

3 komentar:

  1. Om, saya sedang coba bangun gateway dengan software FRN ato EQSO, kendalanya dirakitan interface buat HT ke PC, mohon pencerahan buat skema interface gateway HT to PC ato Om udah pernah coba n fungsi ,kbanyakan di Mbah Google skema buat RIB/programming kabel datanya aja...email saya ajiprabowo.prabowo8@gmail.com ,Terimaksih buat bantuannya y Om

    BalasHapus
  2. pagi om, mau tanya
    1. selama ini saya menggunakan eqso untuk komunikasi internal di tempat kerja melaui jaringan internal LAN, agak ribet ketika mau berkomunikasi dimana kita harus buka program kemudian menekan tombol PTT atau tuts spacebar.
    yang ingin saya tanyakan apakah rangkaian diatas bisa saya gunakan untuk menambaihi operasi eqso menggunakan extramic tetapi tanpa menggunakan tambahan radio RIG/ht.
    demikian terima kasih

    BalasHapus
  3. Kalo mau beli rangkaian nya bisa ngga gan ? Buat rig saya yaesu ft2800m bisa ngga ya ? Maksud saya agar bisa langsung pakai begitu, terimakasih

    BalasHapus